Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Limapuluh- WartaOneNews.Com.-Bupati Batubara, Ir. H. Zahir. M AP melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Dasar  010207 di Perkebunan Kwala Gunung Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batu Bara, didampingi Wakapolres Herwansyah dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas sitorus Selasa,(17/09).

Bupati zahir meminta kepada sekolah termasuk yang belum di  kunjungi agar punya inisiatip dalam mengelola sekokah. Sebab seorang  Kepala Sekolah  harus memiliki kerteria sebagai  manajerial, Perencanaan, Pengawasan. Dan fungsi sosial. Maka dengan itu Bupati Batu Bara
Zahir meminta kepala sekolah dan guru guru harus punya inisiatif,  ada rasa memiliki dan ada rasa bangga terhadap sekolah dimanapun diberi tugas dan kepercayaan sebagai kepala sekolah.

Zahir juga mengjhimbau kepada sekolah agar dapat menjadi tempat merasa  menyenangkan, nyaman, ramah terhadap anak didik siswa sekolah dasar. Plt. Kadisdik Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus saat ditemui di lokasi terkait saran Bupati  zahir untuk mempertimbangkan program akan menggabungkan dan merelokasi sekolah-sekolah yang sepi peminat akibat dari siswa yang semakin berkurang, mengatakan akan secepatnya melakukan dan memastikan kondisi sekolah kita yang ada di Batubara.

Prihal saran  Bupati  Batubara tersebut kami akan segera evaluasi dari profil sekokah yang ada saat ini jika memang harus dilakukan penggabungan kita akan melakukannya, kita evaluasi dahulu bersama tim di disdik Kabupaten Batubara, tutur ncekli safaan akrab ilyas sambil berjalan perlahan mendampingi Bupati bersama Wakapolres. 

Terkait tentang harapan Bupati Zahir tentang sekokah bersih termasuk toiletnya, ilyas mengatakan kepada awak media ini bahwa menurut Mahasiswa Program Pascasarja S3 Unimed ini bahwa harus terbiasa  untuk hidup bersih  diberikan sejak dini kepada anak-anak kita. Tidak hanya di rumah tapi juga di sekolah. 

Ilyas memberikan beberapa tips kepada pihak sekolah dasar  sambil berjalan bersama Bupati Zahir dan Wakapolres Kabupaten Batubara Herwansyah tentang mengajarkan anak menjaga kebersihan di sekolah menurutnya harus ada pembiasaaan dari pihak sekolah, misalnya membuat rambu-rambu untuk tidak membuang sampah sembarangan, dengan media gambar, atau dengan nasehat langsung atau persuasi yang sifatnya lisan. Sekolah juga harus menyediakan tempat sampah dengan jumlah yang memadai atau sesuasai kebutuhan, kalau dapat dipisahkan antara tempat sampah organik atau basah dan tempat sampah non organik atau kering, tuturnya. Bisa juga siswa saling mengingatkan jadi ada semacam swakontrol, saling mengawasi dan mengingatkan di antara sesama teman.

 Hal ini bagus, secara tidak langsung anak-anak digiring pada satu pemahaman bahwa kebersihan sekolah adalah tanggung jawab bersama, dan oleh karena mereka harus saling mewujudkan dan menjaganya. Atau bisa juga dengan memberi contoh melalui cara ibu dan bapak guru untuk juga ikut peduli pada kebersihan lingkungan sekolah, misal dengan kesediaan untuk memungut sampah yang tercecer , tambah ilyas sambil tersenyum terhadap  awak media ini.

Tidak salah jika kita ajak anak-anak untuk bersama-sama membersihkan ruangan kelas. Anak-anak dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, dan tiap kelompok bertanggung jawab membersihkan bagian tertentu dari isi kelas. Cara ini akan meningkatkan rasa memiliki mereka pada kelas, harapannya tanpa diminta lagi, mereka akan menjaga kelas agar tetap bersih dan nyaman.
Ketiga singgung tentang Kebersihan toilet sekah, ilyas langsung tertawa karena ada yg mengingatkan toilet salah satu sekolah yg isinya penuh pasir dan bebatuan.. ilyaa mengatakan toilet biasanya menjadi ukuran bersih tidaknya suatu lingkungan sekolah. Kalau toiletnya bersih, biasanya bagian lain dari sekolah juga akan bersih, asri dan tertata dengan baik menjadikan lingkungan sehat.

Beliau mengatakan  masih banyak lagi cara cara lain untuk bisa menjaga kebersihan sekolah selain tips di atas misalnya membuat asri, dengan mengajak anak-anak menanam bunga, sayur dan pohon. Selain membuat lingkungan sekolah akan indah dan sejuk, anak-anak juga akan turut menjaganya,

 Bupati Batubara  Zahir dalam kunjungannya bersama  Wakapolres herwansyah, Plt. Kadisdik Batubara, Iyas sitorus, Kabag Humas, Jamzami dan unsur lainnya seperti SatPol PP, Protokol pada saat berkunjung di Sekolah Dasar ucapnya .(syukur)