Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Agam-wonews.com//. Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan giat program (KKN) Tematik di Jorong (Dusun) Aia Tabik dalam kegiatan Mahasiswa UNP, mengajak siswa SD 10 guna bermain Games bertujuan untuk melihat pemahaman peserta mengenai materi disampaikan oleh pemateri dan peserta begitu sangat antusias dalam mengikuti Games tersebut.

Program mahasiswa UNP KKN tersebut, berjalan dengan lancar dan sukses mulai Rabu, pukul (07.30) sampai (12.00) WIB. di halaman rumah gadang tuo tradisional,  Jorong Aia Tabik Kab.Agam - Sumbar (17/07/2024).

Dalam kegiatan tersebut yang isi acara Mahasiswa KKN UNP Tematik Bidang Studi Fisika Universitas Negeri Padang. sedang melakukan pengabdian ke SDN 10 Wedya Aia Tabik. 

"Tema giat Mahasiswa "Petualangan Seru Menjelajahi Ilmu Pengetahuan Alam. harapan agar murid SD Negeri 10 Wedya Aia Tabik memperoleh ilmu pengetahuan dan tentang
pengalaman belajar di luar ruangan serta memperkuat ikatan sosial diantara mereka. bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta kreatifitas dengan suasana yang menyenangkan dan mendidik", Ucap Mahasiswa.

Kegiatan Sekolah Alam dilaksanakan mulai Rabu, (17 Juli 2024) diikuti perwakilan mahasiswa aktif Fakultas Fisika tahun masuk 2022 berjumlah peserta (21) orang, murid SDN 10 Wedya Aia Tabik berjumlah (53) orang, tamu undangan yang hadir Wali Nagari, Majelis Guru SDN 10 Wedya Aia Tabik, dan Dabro Yuhendra Nyiak Samiak sebagai (Kadiv. Humas Dan Publikasi Pergerakan Organik Sumatera Barat). 

Pembukaan acara oleh MC. Andini Khairi Alena, dilanjutkan dengan pembacaan Do'a oleh Dimas Al Muzakki, pelaporan kegiatan oleh Maulana Rizky selaku ketua KKN UNP Tematik Bidang Studi, dalam  penyampaianya diharapkan kepada murid SDN 10 Wedya Aia Tabik dapat berperan aktif, berpartisipasi dengan baik serta dapat menyerap ilmu yang disampaikan oleh pemateri nantinya." Ungkap Rizky.

Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ibu Susneti S.Pd.I selaku Guru Agama di SDN 10 Wedya Aia Tabik mengatakan diharapkan acara Sekolah Alam ini dapat menjadi media untuk menyampaikan pengetahuan kepada murid SDN 10 Wedya Aia Tabik, murid kelas 3, 4, 5, dan 6 sehingga bisa menjadi awal dari perubahan karakter, pola pikir, dan dapat meningkatkan minat belajar untuk melanjutkan jenjang sekolah berikutnya", ucap Guru Agama.

Selanjutnya kata sambutan, oleh Bapak Drs. H. Edison Dt. Ampanjang selaku Wali Nagari Kamang Mudiak berharap kegiatan Sekolah Alam ini bisa menjadi sarana bagi murid SD Negeri 10 Aia Tabik memperdalam Ilmu Pengetahuan Alam yang terkait dengan penerapannya tentang kehidupan sehari - hari dan menjadi dorongan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi".Tutup Walinagari.

Selanjutnya penyampaian materi pertama oleh, Nola Wilda Yanti Mustika Sari, dan Afra Hayunisa. Materi disampaikan yaitu, Siklus Hidup dan Perubahan Wujud Benda yang menyampaikan bahwa "Siklus Hidup atau Bagan Makhluk Hidup adalah putaran kejadian berulang". Materi tersebut menjelaskan tentang
serangkaian perubahan yang dialami oleh Makhluk Hidup dari lahir hingga dewasa", ucap Nola.

Lalu dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Diah Hasnah, Raisa Analista, Asa Faizatur Rohimah, dan Anggi Dewira. Materi yang disampaikan yaitu mengenai Ekosistem dan Rantai Makanan serta Rangka Manusia yang menyampaikan bahwa, "Ekosistem adalah sistem yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk satu dengan lingkungannya. Dan rangka merupakan tulang - tulang manusia yang tersusun secara teratur di dalam tubuh". Materi tersebut menjelaskan tentang hubungan timbal balik makhluk hidup dan peran rangka dalam tubuh manusia", Kata Diah.

Setelah penyampaian materi kedua, dilanjutkan dengan materi ketiga yang disampaikan oleh Muhammad Andika Satriasyah, Afifah Aulia, dan Tartil Kher. Materi yang disampaikan yaitu Dasar - dasar Fisika yang menyampaikan bahwa". Tekanan yang terdapat pada balon akan mengalir sehingga dapat menggerakkan mobil - mobilan serta rangkaian seri dan paralel yang memiliki perbedaan cara kerja saat menjalankan fungsinya". Materi tersebut menjelaskan tentang penerapan fisika dalam kehidupan sehari - hari.

Kemudian peserta diajak untuk bermain Games yang bertujuan untuk melihat pemahaman peserta mengenai materi yang disampaikan oleh pemateri, para peserta begitu antusias dalam mengikuti Games yang dimenangkan oleh regu A dan diwakilkan Tim Marcello dari kelas 4 selaku pemenang pertama, pemenang kedua oleh regu B yang diwakilkan oleh Azka dari kelas 4 dan pemenang ketiga oleh regu C yang diwakilkan oleh Keisha dari kelas 6. SDN 10 Wedya Aia Tabik.

Setelah melakukan perlombaan, kegiatan selanjutnya adalah pemberian hadiah kepada regu A, B, C, D, dan E. Bahkan juga tampak Dabro Yuhendra juga diminta oleh ketua KKN UNP (Maulana) agar menyerahkan hadiah untuk regu yang menjadi juara 1. Diakhiri dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta Sekolah Alam beserta mahasiswa KKN Tematik," tutup Panitia.
( Dabro/Skb).